Selasa, 06 November 2012

Akuntansi Biaya


Berdasarkan namanya saja Akuntansi Biaya dengan Akuntansi Manajemen jelas berbeda, Akuntansi Biaya adalah salah satu cabang ilmu akuntansi yang isinya khusus membahas tentang biaya. Pertanyaannya, kenapa biaya dibahas secara khusus ? karena biaya merupakan saluran atau keran dari keluarnya uang untuk belanja apasaja untuk kepentingan perusahaan, dan perusahan itu sendiri telah diberi tanggung jawab untuk mengelola kegiatan perusahaan termasuk kas tadi. Disamping itu dari sudut kas yang sangat mudah untuk disalahgunakan, diselewengkan, dimanipulasi, dimark up dan ditilep maka kas untuk kegiatan belanja sangat diperlukan adanya management pengeluaran kas, manajemen pengeluaran kas itulah dinamakan dengan AKUNTANSI BIAYA.
Akuntansi Biaya dalam penggunaannya banyak sekali menerapkan berbagai metode-metode, catatan-catatan, sistem-sistem, cara-cara perhitungan biaya untuk memperoleh hasil biaya yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
Sehingga dapat formulasikan dalam suatu kesimpulan bahwa yang dinamakan dengan Akuntansi Biaya adalah:
Kegiatan mencatat, mengkelompokkan, mengikhtisarkan dan melaporkan semua transaksi biaya ke dalam suatu bentuk laporan biaya yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar